RSS

Pendidikan : Ayo Berbenah Bersama

02 Dec

Hari ini , saya sengaja ikut duduk di kelas Psikologi Pendidikan, kelas setelah saya mengajar DBMS. Saya duduk di paling belakang, membuka laptop, menulis, sambil mendengarkan mahasiswa yang kebagian presentasi hari ini.

Di belakang, saya bersebelahan dengan salah satu mahasiswa. Yang bikin saya jengkel, dia tidak ikut kelas saya di pagi hari, alasannya lupa ada kelas pagi (busyet dah, alasan macam apa itu). Tidak hanya 1 mahasiswa yang menggunakan alasan itu pagi ini, tapi 2 mahasiswa. Haduh, lain kali cari alasan yang lebih berkelas ya nak. Udah pernah. -_-

Tema presentasi kali ini adalah menerapkan disiplin kepada siswa. Kalau menyangkut disiplin, hukuman, tentulah otak saya langsung terhubung dengan siswa berkebutuhan istimewa dalam penanganannya. Saya pun mengajak diskusi tentang hal ini dengan mahasiswa saya yang duduk di belakang bersama saya. Walhasil, saya dapat banyak hal dari diskusi dengan mahasiswa saya tersebut. Dia bercerita bahwa di SMPnya dia dulu sering terjadi tawuran sama SMP sebelah. Banyak juga siswa SMP yang sudah terlibat cinta yang mendalam – ceunah. Wow! Dan waktu SMAnya, waktu kelas 1, dia udah diajakin kakak tingkat untuk nongkrong ikut “komunitas” yang tidak jelas. Dikatakan tidak jelas karena bukan merupakan organisasi yang didirikan di lingkup sekolah. “Jadi, geng motor yang sering nyerang-nyerang itu anak SMA kelas 2 atau kelas 3.” Dia juga mengatakan di geng motor tersebut ada anggotanya yang cewek. Dan lanjutnya, banyak teman-teman seangkatannya yang sekarang udah nikah dan nikahnya karena MBA.

Hmm… Kok serem gini ya? Di mana orangtuanya? Di mana gurunya? Di mana kebaikan dalam hati si siswa yang harusnya bisa memilih dan memilah mana yang baik dan mana yang buruk? Di mana akal sehat siswa yang harusnya bisa berpikir untuk memilih lingkungan yang baik untuk tumbuh kembang?

Saya melihat kesenjangan di Kota ini tinggiii sekali. Ayo berbenah bersama…

 
 

Leave a Reply

 
The Way I Am

Live everyday as if it was your last

Some Good Eats

Eat and don't worry about it

Anggriani

Bacalah! Tulislah !

Padepokan Budi Rahardjo

belajar untuk menjadi manusia ...

Catatanku

Ini adalah album yang berisi catatan yang saya tulis dalam perjalanan waktu hidup. Catatan yang terinspirasi dari apa yang saya lihat, saya baca, saya dengar, dan saya rasakan.

Catatan Bang Akrie

Simplicity.Humble.Joyfull

